Informasi SBMPTN UPNVJT 2022

Informasi Umum

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, yang dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). SBMPTN bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan kemampuan akademik untuk mengukur apakah calon mahasiswa baru dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan batas waktu yang telah ditentukan.

UPNVJT pada tahun 2022 menerima mahasiswa baru program sarjana untuk seluruh program studi melalui jalur SBMPTN. Program Studi Desain dan Komunikasi Visual secara khusus mensyaratkan peserta untuk mengunggah Portofolio.

Calon peserta SBMPTN UPNVJT 2022 hanya dapat memilih program studi tujuan yang sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih pada pelaksanaan UTBK. Informasi mengenai persyaratan dan pelaksanaan UTBK serta SBMPTN 2022 dapat diperoleh di laman https://ltmpt.ac.id.

Persyaratan Peserta

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di UPNVJT melalui Jalur SBMPTN harus memenuhi ketentuan yang tercantum di laman https://ltmpt.ac.id, selain itu Persyaratan tidak buta warna total maupun parsial, untuk Program Studi berikut :

Desain Komunikasi Visual
Teknik Kimia
Teknik Industri
Agroteknologi
Teknik Sipil
Arsitektur

Petunjuk Pendaftaran

Silakan mengunjungi laman https://ltmpt.ac.id untuk memperoleh informasi mengenai tata cara pendaftaran SBMPTN.

Jadwal Pendaftaran

Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022
Sosialisasi UTBK-SBMPTN : 01 Desember 2021 – 15 April 2022
Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret – 15 April 2022
Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 – 23 Mei 2022
Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei – 03 Juni 2022
Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022
Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni – 31 Juli 2022

*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB


Silakan mengunjungi laman https://ltmpt.ac.id untuk memperoleh informasi mengenai jadwal pendaftaran SBMPTN.

Biaya Pendidikan

Silakan mengunjungi laman https://ppmb.upnjatim.ac.id/biaya-pendidikan/ untuk informasi biaya pendidikan per semester bagi mahasiswa yang diterima di UPNVJT (dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT) pada rentang UKT I sampai UKT VII tergantung kemampuan orang tua mahasiswa

Program Studi

Pada pelaksanaan SBMPTN di UPNVJT, calon mahasiswa dapat memilih program studi yang dikelompokkan berdasarkan latar belakang materi belajar calon mahasiswa sebagai berikut:

Calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA IPA atau SMK yang bersesuaian dapat memilih dapat memilih program studi berikut:

Agroteknologi
Teknik Kimia
Teknik Industri
Teknologi Pangan
Teknik Lingkungan
Teknik Sipil
Teknik Mesin
Arsitektur
Desain Komunikasi Visual (DKV)
Informatika
Sistem Informasi
Sains Data

Calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA IPA, SMA/MA IPS, SMA/MA BAHASA, atau SMK yang bersesuaian dapat memilih :

Agribisnis
Ekonomi Pembangunan        
Manajemen   
Akuntansi       
Administrasi Publik    
Administrasi Bisnis     
Ilmu Komunikasi        
Ilmu Hubungan Internasional
Pariwisata      
Hukum

Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah)

Mulai tahun 2020, Beasiswa Bidikmisi digantikan dengan penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) – Kuliah. Seperti Beasiswa Bidikmisi, program KIP-K merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.

Sehubungan dengan hal tersebut, calon mahasiswa yang memerlukan beasiswa UKT di UPNVJatim harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

Calon mahasiswa yang memerlukan beasiswa UKT dapat menyertakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada saat pengajuan permohonan beasiswa UKT.

Calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah harus mempelajari terlebih dahulu prosedur pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang akan disampaikan di laman resmi LTMPT.

Informasi mengenai pendaftaran calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dapat diperoleh di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Calon mahasiswa yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tetap harus mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN di laman https://ltmpt.ac.id.